Tuesday, July 19, 2016

Asal kata 'Robot'

Asal-usul kata biasanya aneh. Amerika dinamai kartografer Italia dan explorer Amerigo Vespucci. Asal usul kata "robot" juga cukup aneh, tapi tidak begitu jauh seperti penamaan Amerika.

Robot, meskipun dalam bentuk aslinya disebut makhluk yang sangat mirip dengan manusia, sekarang dapat merujuk ke hampir apapun otomatisasi terprogram. Kata "android," setidaknya dalam robotika, mengacu pada sesuatu yang mencoba untuk meniru bentuk manusia. Misalnya, di Star Wars, robot R2-D2, sedangkan C-3P0 akan menjadi android. Dalam alam semesta fiksi, namun, bentuk singkat dari "droid" digunakan untuk kedua jenis makhluk mekanik.

Pada tahun 1920, sebelum otomasi seperti yang kita kenal sekarang ini bahkan dipahami,  penulis skenario Republik Czech Karel Capek memperkenalkan kata "robot" (untuk "kerja paksa") dalam bermain Rossumovi UniverzálnĂ­ roboti - dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke Rossum Universal Robots.

Robot dalam bermain ini yang kita sebut robot saat ini, dan mereka tidak terbuat dari baja, plastik, dan baris kode. Mereka robot yang diproduksi sebagai komponen pseudo-organik dari zat yang bertindak seperti protoplasma di pabrik, kemudian "dirakit" ke humanoids.

Dalam jalinan aneh, seperti androids yang sebenarnya sekarang ada dalam beberapa bentuk, kata telah dikooptasi bukan sebagai sistem operasi smartphone. Mungkin nama ini dimaksudkan untuk menandakan bahwa tujuannya adalah akhirnya menjadi berguna sebagai asisten manusia, mampu mengingat janji, acara kalender, dan bahkan menanggapi permintaan suara.

Meskipun "robotika" adalah kata yang cukup universal, mungkin "otomatisasi" bahkan lebih inklusif. 

Mungkin jenis otomatisasi dapat dianggap sebagai semacam tuan robot, atau mungkin, bahkan robot yang universal?